Persiapan Menuju Masa Pensiun

Kategori : Pelatihan Masa Persiapan Pensiun
Penulis : Pelatihan Pensiun - DTInsani

Pensiun ialah suatu masa dimana seseorang yang sudah tidak bekerja lagi karena usianya sudah lanjut dan harus diberhentikan, atau atas permintaan sendiri (pensiun muda), ataupun pekerjaannya sudah selesai. Seseorang yang pensiun biasa mendapat uang pensiun atau pesangon. Jika mendapat pensiun, maka ia tetap mendapatkan semacam dana pensiun sampai meninggal dunia.(Wikipedia)
menuju masa pensiun

Secara umum, di Indonesia, usia pensiun ada pada usia 52 - 60 tahun. Pada saat itu, maka seorang pegawai, baik PNS, BUMN, swasta, militer secara fungsional harus memasuki pensiun. Memang dilihat dari sisi usia sebenarnya bukan suatu alasan seseorang yang memasuki usia pensiun untuk tidak bekerja lagi, hanya ada satu alasan yang menguatkan bagi perusahaan tempat bekerja, yaitu regenerasi dan juga tingkat produktivitas yang harus dijaga dan dikembangkan.
Perusahaan tentunya menghendaki bahwa pekerjanya adalah seseorang yang bisa seproduktif mungkin berguna baginya. Sehingga diperlukan adanya waktu tenggat seseorang untuk berhenti bekarya di suatu perusahaan. Jangka waktu seorang pekerja antara pertama masuk kerja sampai masa pensiun berkisar antara 25-35 tahun masa kerja. Suatu masa yang penuh pengalaman bagi pekerja. Dan memang akan sangat menyedihkan apabila seorang pekerja akan memasuki masa pensiun, yang berarti akan meninggalkan segala rutinitas yang dilakukan selama dia masih bekerja.
Bekerja merupakan satu amanah dan tanggung jawab yang mesti dilaksanakan. Bekerja adalah satu kegiatan yang menuntut seorang pekerja untuk bisa menyelesaikan tugasnya. Bekerja tidak hanya sekedar melaksanakan tugas, akan tetapi juga bagaimana hasil pekerjaannya bias memberikan dampak bagi pemberi pekerjaan. Dengan tibanya masa pensiun maka kehidupan berkarya seseorang di pekerjaannya selesai. Dengan tibanya pensiun maka segala yang didapat selama berkarya selesai. Dengan tibanya pensiun, maka segala kenangan berkarya selesai.

Tag Keywords : pelatihan pensiun, masa persiapan pensiun, training pensiun, masa purnabhakti